Minggu, 05 Maret 2017

Kerangka Acuan Kerja : Sistem Manajemen Proyek PT KaryaIndo Konstruksi

A. KERANGKA ACUAN KERJA

1. LATAR BELAKANG
Pada era globalisasi ini peranan komputer pada saat ini dapat mendukung kinerja suatu perusahaan. Dengan adanya komputer suatu perusahaan dapat mempermudah dan mempercepat suatu pekerjaan. Perusahaan dapat mengembangkan dan membangun suatu aplikasi yang dapat membantu mereka dalam menjalankan proses operasionalnya. Suatu aplikasi juga dapat membantu mengurangi kesalahan dalam melakukan pencatatan data dan dapat tersimpan dengan aman serta mempercepat dalam proses melakukan pencarian data dan membuat laporan, resiko untuk data hilang atau rusak dapat berkurang dan diatasi.

PT. KaryaIndo Konstruksi  merupakan salah satu perusahaan General Contractor and Supplier yang khususnya bergerak dibidang jasa konstruksi dan sub bidang bangunan bertingkat. Dalam menjalankan aktifitas perusahaan agar berjalan dengan lancar tentunya harus didukung dengan sistem yang mampu mendukung operasional di perusahaan. Oleh karena itu dengan adanya sistem yang akan di bangun ini, dapat mempermudah manajer dalam mengevaluasi informasi mengenai biaya upah pegawai, biaya bahan baku, dan anggaran biaya masuk dan keluar serta membantu dalam pengambilan keputusannya.

Permasalahan yang terjadi di PT. Kontrak Karya Indonesia yaitu seperti sulitnya  menghitung biaya upah pekerja, biaya bahan baku, biaya anggaran masuk dan biaya keluar dalam membangun  atu proyek pembangunan. Berdasarkan permasalahan di atas, maka penulis tertarik untuk menyusun laporan skripsi dengan judul Sistem Informasi Manajemen Proyek PT. KaryaIndo Konstruksi .

2. MAKSUD DAN TUJUAN
  1. Tujuan proyek ini adalah untuk membuat Sistem Informasi Manajemen Berbasis Dekstop menggunakan SQL Server 2008 sebagai database pada PT. KaryaIndo Konstruksi  Palembang. Metode yang digunakan dalam penulisan laporan ini adalah metode RUP (Rational Unified Process) dengan melakukan fase Inception (permulaan), fase Elaboration (perluasan/perencanaan), fase Construction, dan fase Transition.
  2. Meningkatkan kualitas data dalam pembangunan proyek yang nantinya akan disimpan dan dijadikan sebagai laporan.
3. SASARAN
Tersedianya aplikasi Sistem Informasi yang lengkap dan sempurna sehingga dapat mendukung tugas pokok dan fungsi dari PT. KaryaIndo Konstruksi  pada umumnya.

4. NAMA DAN ORGANISASI PENGGUNA JASA

PT. KaryaIndo Konstruksi 

5. SUMBER PENDANAAN
Dana dari perusahaan tahun 2016, dengan biaya sebesar 36.082.469.- (tiga puluh enam delapan puluh dua empat ratus enam puluh sembilan rupiah) belum termasuk pajak yang membebaninya.

6. LINGKUP LOKASI KEGIATAN, DATA DAN FASILITAS PENUNJANG SERTA ALIH PENGETAHUAN
Lingkup Kegiatan
  1. Pengembangan modul-modul utama dari aplikasi sistem informasi yang berbasis web sebagai berikut:
    1. Pengelolaan data mandor yang merupakan suatu modul untuk menangani segala dokumen yang terkait dengan data – data mandor.
    2. Pengelolaan upah mandor yang merupakan suatu modul untuk menangani semua permohonan yang terkait dengan penggajian mandor.
    3. Pengelolaan data pekerja yang merupakan suatu modul untuk menangani segala bentuk dokumen yang terkait dengan data pekerja.
    4. Pengelolaan upah pekerja yang merupakan suatu modul untuk menangani pembayaran gaji pekerja
    5. Kelola bahan baku pekerjaan yang merupakan modul untuk menangani manajemen bahan baku pekerjaan.
    6. Kelola pengguna yang merupakan suatu modul untuk memanajemen hak akses pengguna ke aplikasi
    7. Kelola laporan yang merupakan suatu modul untuk menangani surat – menyurat yang terkait dengan manajemen perusahaan.
    8. Perkembangan pekerjaan proyek yang merupakan suatu modul untuk menangani segala perhitungan dalam pekerjaan.
    9. Perhitungan biaya keseluruhan proyek yang merupakan suatu modul untuk menangani segala perhitungan dalam pekerjaan.
    10. Perhitungan biaya upah pekerjaan adalah suatu modul untuk menghitung upah yang dapat diterima oleh pekerja.
    11. Tender proyek yang merupakan suatu modul untuk menangani manajemen tender proyek di perusahaan.
  2. Pengembangan database yang dapat mendukung modul yang dikembangkan pada poin 1.
    1. Pengembangan Struktur Database
    2. Pengembangan Database Relationship
  3. Membuat dokumentasi yang lengkap (kertas dan elektronik) untuk aplikasi Sistem Informasi yang dibangun meliputi:
    1.  Inception (Tahap analisis)
    2. Elaboration (Tahap desain)
    3. Construction
    4. Transition (Tahap deployment)
Lokasi Kegiatan
  1. PT. KaryaIndo Konstruksi , Palembang
Data dan fasilitas penunjang
  1. Akomodasi dan Ruangan Kantor
    1. Ruangan dan Kantor
  2. Staf pengawas / pendamping
    1. 2 orang staf IT
  3. Fasilitas yang disediakan oleh pengguna jasa yang dapat digunakan oleh penyedia jasa (bila ada)
Alih pengetahuan
  1. Penyedia jasa harus mengadakan pelatihan, kursus singkat, diskusi, dan seminar (miniworkshop) terkait dengan substansi pelaksanaan pekerjaan dalam rangka alih pengetahuan kepada staf/tim teknis di PT. KaryaIndo Konstruksi 
7. METODOLOGI
  1. Inception (Tahap analisis) : Tahap pemetaan kebutuhan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  2. Elaboration (Tahap Desain) : Tahap merancang struktur data dan program sesuai hasil analisis yang telah dilakukan. Proses pembuatan program ke tahap prototype
  3. Construction : Tahap pembuatan sistem berdasarkan hasil analisis dan prototype yang telah dibangun.
  4. Transition (Tahap Deployment) ; Tahap memasang perangkat pada perusahaan dan telah siap dipakai.

8. JANGKA WAKTU PELAKSANAAN
Jangka waktu pelaksanaan kegiatan ini adalah selama ± 105 (seratus lima) hari  kalender dan harus dilaksanakan proses user acceptance test dengan waktu pelaksanaan  inimal 5 (lima) hari kerja dari tanggal serah terima pekerjaan.

9. KUALIFIKASI
Kualifikasi yang diharuskan dipenuhi oleh Penyedia Jasa adalah:
1. Bersedia menandatangani Perjanjian Kerahasiaan Data dan Informasi sesuai dengan kebijakan Sistem Manajemen Keamanan Informasi (Information Security Management System) PT. KaryaIndo Konstruksi .

10. TENAGA AHLI
Tenaga ahli yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan ini adalah:

a. Ketua Tim (Project Manager)
Ketua Tim disyaratkan seorang, minimal sedang menempuh pendidikan Sarjana Teknik Strata satu (S1) perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat. Sebagai ketua tim, tugas utamanya adalah memimpin dan mengkoordinir seluruh kegiatan anggota tim kerja dalam pelaksanaan pekerjaan selama masa projek sampai dengan pekerjaan dinyatakan selesai.

Jumlah yang harus disediakan 1 (satu) orang.

b. Sistem analis
Sistem analis yang disyaratkan adalah minimal sedang menempuh pendidikan Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat.

Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (dua) orang.

c. Programmer/Developer
Programmer/Developer yang disyaratkan adalah minimal sedang menempuh pendidikan Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat.

Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.

d. Database Administrator
Database Administrator yang disyaratkan adalah minimal sedang menempuh pendidikan Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat.

Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (dua) orang.

e. Quality Assurance
Quality Assurance yang disyaratkan adalah minimal sedang menempuh pendidikan Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat.

Jumlah yang harus disediakan minimal 1 (dua) orang.

f.  Trainer
Trainer yang disyaratkan adalah minimal sedang menempuh pendidikan Sarjana Informatika/Ilmu Komputer Strata satu (S1) perguruan tinggi negeri/swasta/luar negeri yang terakreditasi A atau setingkat.

Jumlah yang harus disediakan minimal 2 (dua) orang.

11. KELUARAN
Keluaran yang dihasilkan dari pelaksanaan pekerjaan ini adalah :

1. Perangkat lunak Aplikasi Sistem Informasi Proyek yang dapat dioperasionalkan dan digunakan untuk menangani seluruh administrasi yang terkait dengan manajemen proyek sehingga dapat meningkatkan kecepatan penanganan, efisiensi, dan menghasilkan output yang lebih baik dan berkualitas.
2. Dokumentasi yang berkaitan dengan pengembangan aplikasi, antara lain dan tidak terbatas pada requirement, desain sistem, konfigurasi sistem dan arsitektur program;
3. Program dengan source Code;
4. Dokumentasi seluruh sistem dan perangkat lunak berupa technical manual;
5. Dokumentasi SOP (system operating procedure) maupun SMP (system maintenance procedure);
6. Instalasi aplikasi dan migrasi data;
7. Pelatihan, pendampingan/asistensi, garansi dan pemeliharaan.

Media untuk dokumentasi pada proyek ini dibuat dalam format softcopy dan hardcopy. Format yang digunakan dalam dokumentasi dalam bentuk softcopy adalah menggunakan standar format Windows Office dan/atau PDF. Dokumen yang diserahkan tersebut harus merupakan versi final dari aplikasi yang telah dikembangkan/dibangun melalui tahapan pengujian dan integrasi sistem aplikasi.

12.LAPORAN
Jenis laporan yang harus disediakan kepada pengguna jasa adalah:
a. Laporan Pendahuluan, berisi:
1)  Rencana kerja penyedia jasa secara menyeluruh;
2) Mobilisasi tenaga ahli dan tenaga pendukung lainnya
3) Jadual kegiatan penyedia jasa

Laporan harus diserahkan selambat – lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak SPMK diterbitkan sebanyak 3 (tiga) buah laporan
b.  Laporan Akhir, berisi:
1) Laporan pendahuluan
2) Laporan mingguan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar